Rabu, 16 Januari 2020 Busan University of Foreign Studies (BUFS) Korea mengadakan kunjungan ke Program Studi Sastra Indonesia, UAD dengan beberapa agenda. Agenda utama adalah mengadakan bussiness meeting untuk membicarakan rencana pertukaran mahasiswa dengan skema credit transfer system (CST) serta pertukaran dokumen MOU kedua belah pihak.  Delegasi BUFS terdiri dari  Kwanghoo Park, Ph.D (Ketua Jurusan Bahasa Indonesia) sekaligus Direktur Global Campus Center dan Soe Boeyong (Manager International Office Affairs).

Agenda Bussiness Meeting ini dibuka oleh Ketua Kantor Urusan Internasional UAD Ida Puspita, S.S., M.A.Res dengan memperkenalkan secara lebih detail Universitas Ahmad Dahlan, dilanjutkan sambutan oleh Dekan Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi Nizam Ahsani, Ph.D dan perkenalan program studi Sastra Indonesia oleh Kaprodi Sastra Indonesia Intan Rawit Sapanti, S.Pd.M.A dan Koordinator Program Internasional Prodi Sasindo Tristanti Apriyani, S.S., M.Hum.

Selanjutnya kedua belah pihak berdiskusi secara lebih mendetail tentang program Credit Transfer System yang akan diselenggarakan pada semester genap mendatang. BUFS akan mengirimkan 10 mahasiswa untuk belajar Bahasa Indonesia dengan program 6  bulan sebanyak 7 mahasiswa dan sisanya program 1 tahun. Prodi Sastra Indonesia juga akan mengirimkan sebanyak 3 mahasiswa untuk belajar Bahasa Korea di BUFS.

Kedua belah pihak sepakat untuk mengembangkan kerjasama ini ke skema yang lain misalnya  program joint degree untuk mahasiswa atau visiting lecturer bagi dosen. Kedua belah pihak berharap kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik dan berkelanjutan.

(intan)