Forprossi diadakan setiap tahun dan pesertanya dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang di dalamnya terdapat Program Studi Sastra Indonesia. Pertemuan Forprossi VI ini merupakan bentuk keberlanjutan dari asosiasi Program Studi Sastra Indonesia se-Indonesia. Pertemuan ini membahas berbagai persoalan, seperti kebijakan pendidikan/akademik, tata kelola program studi, akreditasi, tantangan dan peluang program studi serta isu keilmuan dalam program studi untuk menghadapi era 4.0.

Dalam acara ini Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan mengirimkan perwakilan Dosen yaitu Intan Rawit Sapanti, S.Pd., M.A dan Tristanti Apriyani, S.S., M.Hum. Acara ini diselenggarakan di Ballroom Sahid Jaya Hotel, Surakarta, pada Selasa 27-28 Agustus 2019. Dihadiri oleh sejumlah 72 peserta, baik dari Kepala Program studi ataupun dosen yang berasal dari 31 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Forprossi VI ini bertema “Program Studi Sastra Indonesia Dinamis dalam menghadapi Tantangan Era 4.0” dengan menghadirkan narasumber Megawati Santosa, Ph.D (Dirjen Belmawa, Kemenristek Dikti), Prof. Faruk (UGM), Dr. Pujiharto (Ketua Forprossi), dan Dr. Sarwanto (UNS). (MKH)