Sasindo.uad, (28/04/18).    Yogyakarta – Mahasiswa Sastra Indonesia  Universitas Ahmad Dahlan kembali mengukir prestasi. Setelah menjuarai sejumlah event, kali ini giliran Alfiandana Susilo Aji mahasiswa Sasindo semester 6 yang berhasil memperoleh juara 3 kategori umum pada lomba cipta puisi. Lomba ini diselenggarakan oleh keluarga mahasiswa Sastra Indonesia  Universitas Gajah Mada dalam rangka Festival Sastra 2018 yang sudah diadakan setiap tahunnya

Mahasiswa kelahiran Klaten ini sebelumnya sudah pernah masuk 10 besar lomba sastra tingkat nasional pada tahun sebelumnya. Alfian menuturkan proses penulisan puisinya berisi masalah sosial yang sedang hangat di kalangan masyarakat. Puisinya berjudul “Di Pedalaman Lembah Kalah Sunyi dari Nasib” bertemakan kondisi sosial suku Asmat di Agats tidak disangka menjadi salah satu puisi terbaik.

“Proses perlombaan dimulai dari pendaftaran secara online, pengumpulan karya via email dan pengumuman pada malam puncak festival sastra 2018. Pada perlombaan kali ini sistematikanya hanya mengumpulkan naskah  puisi saja tanpa membacakannya secara langsung. Hadiahnya berupa uang pembinaan dan sertifikat” tutur Alfian ketika diwawancari via WhatsApp.

Mahasiswa yang bercita – cita sebagai budayawan ini memberikan tips mudah membuat puisi dengan banyak membaca karya dan mulai rajinlah menulis. Harapan ke depannya dapat terus istiqomah dalam berkontribusi dan menjadi lebih baik lagi dalam berkarya tutup mahasiswa berambut gondrong ini. (Chk)