Sabtu (21/3) Dalam rangka memperingati Hari Kartini, tim dosen FSBK UAD yang terdiri dari Intan Rawit Sapanti dan Mariana Ulfah bekerjasama dengan Pengurus Wilayah Aisyiyah Yogyakarta mengadakan pelatihan penulisan Artikel dan Fotografi Dasar untuk para pengurus/sekretaris lembaga daerah Aisyah Yogyakarta. Pelatihan yang bertempat di gedung PWA Aisyiyah Yogyakarta ini diikuti oleh 17 peserta yang berasal dari pengurus daerah Aisyiyah dari seluruh Yogyakarta.

“Tujuan dari pelatihan ini untuk membekali peserta dengan kemampuan jurnalistik dan fotografi dasar agar dapat menyusun berita dengan baik dan benar sehingga dapat mengupdate secara rutin website yang dimiliki lembaga Aisyiyah” ujar Intan selaku salah satu narasumber pelatihan ini.

Dalam pelatihan ini peserta dibekali pengetahuan mengenai dasar-dasar jurnalistik, anatomi berita, elemen-elemen berita, kode etik jurnalistik, self-editing dan komposisi fotografi sehingga pada akhir sesi mereka dapat langsung praktik menyusun sebuah artikel.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang didukung oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UAD yang dijalankan oleh para dosen.  Respon dari peserta dan pengurus wilayah terhadap pelatihan ini sangat bagus. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin agar dapat meningkatkan kompetensi para pengurus Aisyiyah,” tambah Lusi yang menjabat sebagai salah satu staff di PWA Yogyakarta. (intanrs)