Herdyana Peraih Medali Emas

Herdiyana Asmoroningtyas atau yang lebih akrab disapa Her ini berhasil menyabet medali emas dalam ajang “Airlangga Tapak Suci University Open International Championship ” yang diadakan pada tanggal 12 – 16 September 2018 di Universitas Airlangga Surabaya. Pada ajang ini pula, tim Tapak Suci Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menduduki Juara Umum I mengalahkan ratusan peserta dari tingkat nasional maupun internasional. Perempuan yang gemar bela diri ini mengungkapkan proses lomba kali ini sangat ketat dan tim tapak suci UAD mendapatkan berbagai kecurangan dari lawan. Kecurangan ini mulai dari proses timbangan untuk menentukan cabang kelas hingga adanya keistimewaan panitia terhadap tuan rumah,hingga tim UAD terpaksa mengajukan kebijakan membayar Rp. 500.000 untuk satu atlit yang belum sempat melakukan penimbangan namun sudah dinyatakan gugur terlebih dahulu.

Namun hasil tidak akan menghianati proses. Perjuangan Herdiyana yang dimulai dengan latihan intensive di JEC sehabis subuh seperti sprint hingga latihan rutin di kampus 1 membuatnya mampu mengalahkan lawan mulai dari babak penyisihan hingga babak final. Herdiana yang ditemui seusai kuliah  ini menuturkan bahwa lawan terberatnya adalah UNESA saat babak final. “Sebelumnya saya sudah sering bertemu dengan dia saat SMA ditingkat daerah maupun nasional.   Dengan doa, usaha, ikhtiar dan tawakal akhirnya saya bisa menaklukan dia” ungkapnya dengan tandas.

Harapan kecilnya dengan mendali yang sudah ditorehkan oleh tim tapak suci tahun ini, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mampu memberikan fasilitas untuk latihan seperti GOR ataupun tempat khusus bagi mereka untuk latihan. Sehingga dalam proses latihan tidak ada halangan seperti sewaktu-waktu jadwal latihan ditiadakan karena tempat latihan digunakan untuk acara kampus lain, tutup wanita berjilbab itu. (chk).